Selasa, 01 Januari 2013

KEUTAMAAN IBADAH UMROH


KEUTAMAAN IBADAH UMROH

Dalam hati setiap Muslim yang taat sudah dapat di pastikan merindukan tanah haram, baik Makkah maupun Madinah. Kerinduan ini muncul dari ruhiyah atau hubungan yang kuat antara pribadi seorang muslim dengan Sang Pencipta. Hubungan tanpa hijap (tirai) ini merupakan sebuah proses yang dilakukan secara berkala dan istiqomah.
Aktifitas untuk menjaga intensitas hubungan antara manusia dan Sang Pencipta saat di tanah haram sendiri, adalah aktifitas Haji dan Umrah. Haji dan umrah biasa dilakukan umat Muslim seluruh dunia. Berbeda dengan ibadah Haji yang dilakukan selama 1 tahun sekali pada bulan dzulhijah, Ibadah umroh dapat dilaksanakan setiap saat, Dan berikut ini adalah keutamaan-keutamaan Ibadah Umrah :
1. Umrah adalah Jihad sebagai mana ibadah Haji.
Aisyah berkata :
قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ عَلَى النِّسَاءِ جِهَادٌ قَالَ « نَعَمْ عَلَيْهِنَّ جِهَادٌ لاَ قِتَالَ فِيهِ الْحَجُّ وَالْعُمْرَةُ
artinya : “Wahai Rasulllah, apakah benar seorang perempuan juga wajib melaksanakan Jihad?” beliau SAW menjawab, “ia dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan Ibadah Haji dan Umrah” (HR. Ibnu Majah no. 2901, hadits ini shahih sebagaimana kata Syaikh Al Albani)
2. Menghapus dosa di antara dua umroh.
Dari Abu Hurairah, ia berkata, Bahwa Rasulallah SAW bersabda :
الْعُمْرَةُ إِلَى الْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا ، وَالْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ
“Antara umrah yang satu dan umrah lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.” (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349)
3. Umrah menghilangkan kefakiran dan menghapus dosa.
Dari Abdullah, Rasulallah SAW bersabda :
تَابِعُوا بَيْنَ الْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ فَإِنَّهُمَا يَنْفِيَانِ الْفَقْرَ وَالذُّنُوبَ كَمَا يَنْفِى الْكِيرُ خَبَثَ الْحَدِيدِ وَالذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَلَيْسَ لِلْحَجَّةِ الْمَبْرُورَةِ ثَوَابٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ
“Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. An Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1/387. Kata Syaikh Al Albani hadits ini hasan shahih)
Ibadah haji maupun umroh telah di contohkan oleh Rasulullah SAW, dan menjadi rangkaian ibadah pelengkap dan penyempurna keislaman seseorang. Oleh karna itu ibadah haji dan umrah merupakan ibadah yang istimewa bagi umat islam. Semoga Allah dapat mempermudah kita semua dalam menjalankan ibadah haji dan umrah. Amin.
Bila Anda telah berniat untuk segera ke Tanah Suci, segeralah untuk mendaftarkan diri. Anda bisa mendaftar secara online melalui www.madinaprima.com. Cukup dengan biaya pendaftaran Rp. 2,8 juta saja. Selanjutnya ikhtiar yang terus menerus, doa dan sholat serta dikawal dengan berbagai amalan-amalan sunah lainnya, niscaya jalan ke Tanah Suci hanya sejengkal urusannya bagi Allah SWT. Insyaallah.

untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi website biaya umroh 2013http://umrohhajiku.com/
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar